Kesenangan vs Kebahagiaan

Juni 04, 2012

hmmmm.... kesenangan vs kebahagian? 
ada apa dengan mereka? 
apakah terjadi perdebatan antara senang dan bahagia? 
apakah mereka bertengkar?
Astaga ron! ente kira kesenangan vs kebahagiaan sama kayak FPI vs Lady Gaga
ok! Lupakan

gw akan nge-post "kesenangan vs kebahagiaan"  
apa sih kesenangan vs kebahagian menurut orang-orang sekitar? 
dan gw mulai menanyakannya melalui bbm ataupun twitter. berikut jawaban dari temen-temen ane:
Stephen Setiawan : "seneng itu temporary kalau bahagia itu permanent..haha"
@chatarinaadela : "kesenangan hanya dalam waktu yg pendek, dan biasanya dilakukan dengan hal negative. kebahagian diambil dari pengorbanan dan relative waktu yang panjang dan cenderung postive."
Sarah Fu : "kalo senang lebih b'sifat sementara, kalo kebahagiaan lebih abadi."
Nick Clinton : "kesenangan konteksnya lebih ke hal2 duniawi. tapi gw sendiri lebih milih kebahagian sih. karena kebahagian tuh bisa didapatkan dgn cinta." 
(Re: @Nick : jujur loh gw gak ngerti sama jawaban lu. Pdhl gw nanya perbedaan senang sama bahagia. tapi lu malah milih si bahagia.) heheh ok! LANJUT!!
Amanda Tivani Putri : "Kesenangan itu hal yg bisa kita bagikan ke org lain di sekitar kita. *misal pas ultah kita bisa traktir teman2 jadi yg merasakan bukan cuma kita. Nah, kalo kebahagiaan itu yg merasakan cuma kita sendiri. *misal kita dapet juara kelas, nah yg merasakan cuma kita sendiri kan."
@florenciiaetty : "kesenangan itu dirasain cuma sesaat, tapi kalau kebahagiaan dirasain lama."
@ash_wonderkids : "kesenangan itu cm senang untuk sementara n sesaat doank, kl kebahagiaan itu kesenangan yg dibumbui rasa cinta n sayang."
Gamaliel Abram (bukan Gamaliel Tapiheru yah. hheheh) : "senang kayaknya hny bersifat temporary dan hanya berdampak buat kita sedikit. kalo bahagia tuh bener2 ngubah mood, jiwa, dan gairah kita."
Thanks banget buat yang udah jawab pertanyaan random gw. Jawaban kalian WOW banget! 
Kenapa gw nge-post tentang ini? hmmmm... berawal dari nge-baca postingannya bang Alit Susanto disini bang Alit sendiri bilang: 

Kesenangan itu.. Hal yang bisa bikin elo ketawa.. lalu akan sirna setelah hal itu udah gak ada.. Sedangkan kebahagiaan itu, sebuah perasaan yang bisa bikin elo tersenyum.. Tapi akan membuat elo tersenyum kembali, kelak saat elo membayangkannya lagi.. Ntah itu 1 tahun lagi, 10 tahun lagi, atau sampe kapanpun selama elo bisa mengingatnya..

dan kalo menurut gw sendiri. Kesenangan itu hal bisa ngebuat kita tersenyum/tertawa, tapi hanya SEMENTARA. sedangkan Kebahagiaan itu sama seperti kesenangan, namun ABADI dan kita bisa mengenangnya. gw bener-bener setuju sama pendapat si bang Alit

contohnya kayak apa sih? 
contohnya "KESENANGAN" tuh seperti yang gw alami pas pengumuman kelulusan. 
Bangun Pagi, siap2 dan semangat pergi kesekolah buat liat pengumuman. Tapi pas udah tau hasilnya cuma teriak sambil bilang "HOREEEEEE LULUSSSS!" *update bbm + ngetweet*
SELESAI! 

terus kalo contoh "KEBAHAGIAAN" itu bisa kita alami bareng keluarga atau sahabat. 
Kebahagian yg gw alami bersama sahabat2 gw itu pas kita jalan/main bareng kita selalu bahagia karena bisa tertawa dengan lepas. kebahagiaan itu bisa dirasakan lagi bila kita mengingat moment-moment itu kembali. 

"Nggak ada orang yang paling malang di dunia ini, selain orang yang bersahabat dengan kesepian". #SKRIPSHIT

Nah, kalo menurut kalian kesenangan itu apa? dan kebahagiaan itu apa? silahkan comment! thanks 

You Might Also Like

6 comments

  1. Kayanya cuma gw doang yg jawabannya paling bodoh ya -_- Sorry karena gw sendiri jg awalnya agak bingung dgn pertanyaan itu, sulit bgt deh lebih sulit dari soal UN >.< Sorry kalo opini gw ga jelas dan kurang bisa dimengerti. Maksud gw lebih pilih kebahagiaan supaya buat nyambungin antara opini kesenagan dan kebahagiaan itu aja. Tadi udah gw edit lg kalimat opini gw tp katanya ga bisa karena udah di publish ._. Jadi intinya menurut gw, kesenangan konteksnya lebih ke hal2 duniawi. Kesenangan yg biasa kita dengar kan karena uang, nafsu, dll yang menurut gw bersifat duniawi. Kalo kebahagiaan menurut gw tuh suatu perasaan yg bisa didapatkan hanya dengam modal sebuah cinta. Nah konteks kebahagiaan disini bukan duniawi, tp manusiawi. Jujur gw jawab begini karena gw baru pernah merasakan KEBAHAGIAAN SESUNGGUHNYA. Kebahagiaan yg sebelumnya ga pernah gw rasain. Cinta pertama membuat gw mengerti tentang kebahagiaan. CMIIW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kesenangan
      Sorry banyak curhat karena gw sendiri jg suka nulis hehe. Tp ga maen blog, cuma notes di fb :)

      Hapus
    2. Mungkin pertanyaan kesenangan vs kebahagiaan itu ga jauh beda dgn pertanyaan pintar vs cerdas ya ron hehe. Pertanyaannya sekilas sama, tp artinya mengandung byk makna. Tergantung masing2 org memandangnya :) Btw, bikin blog gini susah ga sih ngedit2nya? Dulu gw pernah coba2 bikin blog untuk BAKMIE SANSAN tp ga sempet dilanjutin >.< Ini jg untuk pertama kali gw bisa post komen di blog orang, biasa cuma baca2 doang wkwk. Gw jg pengen nulis2 lagi nih hahaha

      Hapus
    3. hhhahaah mantep nick! main blog tuh gampang kok. asal kita ngerawatnya terus..
      semangat yah buat usaha2 lu!

      Hapus
  2. jujur aja ron,kalo gw sih didunia gw lebih nafsu sama kesenangan karena berjalannya waktu gw dapet kebahagian juga hahhaha

    BalasHapus
  3. asiiiikkk sekali adel...
    tapi jangan terlalu nafsu juga yah sama kesenangan yang ada... wkwkwkkw

    BalasHapus

Thank you for reading :)
Silahkan berikan komentar kalian setelah membaca postingan ini! (Tidak mengandung unsur SARA)
No SPAM!

Popular Posts

Ayo Absen di 'Buku Tamu' ini!

Instagram @sukasukasharon

Subscribe